Menelusuri Seoul yang Tersembunyi

Menelusuri Seoul yang tersembunyi

Seoul bukan hanya tempat-tempat yang kamu lihat di Drama Korea atau film Korea. Seoul adalah kota metropolitan modern dengan segala dinamika dan kompleksitasnya. Tidak akan pernah bosan menelusuri hal yang baru di kota ini.

Dalam kunjungan saya yang terakhir, saya bergabung dengan beberapa teman untuk menelusuri Seoul yang tersembunyi. Tersembunyi? Itulah yang dikatakan Q, teman Korea kami.

Saya naik bus dari apartemen saya di Yeonhui-dong menuju stasiun subway di Hongdae. Dari sana saya naik subway line 1 menuju Sinseoldong, tempat kami akan memulai perjalanan kami. Saat saya tiba, Q sudah menunggu. 10 menit kemudian, teman-teman yang lain tiba.

Pertama-tama Q membawa kami berjalan kaki menelusuri gang-gang kecil, yang merupakan area industri di Seoul di tahun 1970-1980an. Di daerah Jungno, dan Q menceritakan aspek sejarah dan budaya Korea yang jarang didengar orang. 

kemudian kami mengitari Changsindong, yang tidak jauh dari Dongdaemun. Ada berbagai macam toko kecil yang kami lewati. Mulai dari toko-toko baju (mirip toko-toko di sepanjang jalan selokan Babarsari), sampai toko alat-alat industri, mesin dan perkakas!

Pengalaman tak Terlupakan

Kami juga mengunjungi sebuah pasar penjual barang-barang antik. Di sana ada berbagai macam barang yang mewakili Korea Selatan di masa lalu. Ada sebuah kafe yang sengaja didesain persis seperti kafe di tahun 1980-an.

Berikutnya kami mendatangi semacam bussiness center yang dibangun oleh kota Seoul di masa lalu, namun menjadi proyek gagal karena tidak ada yang mau menempati. Tempat ini lalu diubah menjadi tempat para seniman untuk berkarya.

Seniman yang berminat bisa mengajukan proposalnya ke Balaikota dan jika disetujui, dia bisa menggunakan kios di sana untuk tempatnya berkarya. Ada macam-macam seniman, patung, lukisan, dll, yang kami lihat di sana.

Akhirnya perjalanan 3 jam yang luar biasa bersama Q menelusuri Seoul yang tersembunyi berakhir. Lebih luar biasa lagi adalah saya salah naik bus ketika pulang dari Hongdae. Bukannya naik bus menuju Yeonhui-dong, saya malah menaiki bus ke arah sebaliknya. Luar biasa.

Videonya bisa dilihat di sini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *