Semua Punya Cerita

Mazmur 78:1-8

Kita semua punya cerita untuk diceritakan. Semua keluarga mempunyai cerita. Semua gereja mempunyai ceritanya sendiri mengenai karya TUHAN baginya. Semua orang Kristen mempunyai sebuah cerita, sebuah kesaksian untuk diberitakan. Setiap kita memiliki akses kepada cerita agung karya TUHAN di dalam Kristus. Kita semua harus meneruskan cerita itu.

Mazmur ini menceritakan tentang sejarah orang Israel sampai masa Raja Daud. Dalam Mazmur ini penulis menekankan betapa pentingnya cerita ini diteruskan ke generasi berikutnya. Kita bisa melihat bagaimana pemazmur menggambarkan kebaikan TUHAN dibandingkan dengan dosa-dosa orang Israel.

Yesus pun mengutip mazmur ini. Injil Matius mencatat: supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi:Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi sejak dunia dijadikan.” (Matius 13:35).

Pemazmur menulis, kami tidak hendak sembunyikan kepada anak-anak mereka, tetapi kami akan ceritakan kepada angkatan yang kemudian puji-pujian kepada TUHAN dan kekuatan-Nya dan perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya. Telah ditetapkan-Nya peringatan di Yakub dan hukum Taurat diberi-Nya di Israel; nenek moyang kita diperintahkan-Nya untuk memperkenalkannya kepada anak-anak mereka, supaya dikenal oleh angkatan yang kemudian, supaya anak-anak, yang akan lahir kelak, bangun dan menceritakannya kepada anak-anak mereka, supaya mereka menaruh kepercayaan kepada Allah dan tidak melupakan perbuatan-perbuatan Allah, tetapi memegang perintah-perintah-Nya (78:4-7).

Kita semua punya cerita. Setiap generasi bertanggung jawab untuk meneruskan kepada generasi berikutnya. Cerita itu bisa berupa cerita kebaikan dan kasih karunia TUHAN. Cerita itu bisa juga berupa peringatan untuk memperingatkan mereka akan kehancuran yang akan terjadi jika berbalik dari kebaikan TUHAN itu.

Tuhan terima kasih untuk mereka yang telah meneruskan kepada kami cerita tentang kuasa dan kasih-Mu. Tolonglah kami, agar kami juga dapat meneruskannya kepada generasi yang engkau percayakan kepada kami.

Simak renungan di Youtube Shine Jogja