Tetap Pada Jalur – Kolose 2:6-15

outback Australia

Kadang-kadang saya bepergian ke negara yang asing dan kesukaan saya ke manapun saya pergi adalah menggunakan transportasi umum. Untuk tidak tersesat, satu prinsip yang paling penting adalah berada pada jalur yang benar. Dalam perjalanan, semua mungkin terasa asing, namun jika jalurnya benar, dan Anda tetap pada jalur itu, Anda pasti akan tiba pada tujuan.

Demikian juga dengan perjalanan iman. Ketika ragu, tetaplah pada jalur. Jangan menyerah pada ketakutan atau janji palsu. Tetap pada apa yang Anda tahu dan percayakan Tuhan untuk menuntun jalan. Ini adalah inti dari apa yang dikatakan Paulus kepada jemaat Kolose ketika dia berkata, Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.  (Kolose 2:7)

Jemaat Kolose sebagian besar terdiri dari bukan Yahudi. Mereka tidak tenggelam dalam Taurat dan gaya hidup Yahudi. Yang mereka tahu hanyalah Yesus Kristus dan ajaran serta contoh yang telah diajarkan kepada mereka.

Perhatikan bahwa ini sebelum munculnya Pengakuan Iman dan doktrin gereja. Jemaat Kolose belum memiliki Tata Gereja. Paulus menasihatkan mereka untuk hidup dengan iman dalam Yesus Kristus. Masalahnya adalah itu memberi banyak ruang untuk interpretasi, dan di sinilah masalah biasanya dimulai.

Siapa yang Anda Percayai?

Sekarang ini ada begitu banyak denominasi gereja yang bisa dipilih. Hampir setiap gereja menawarkan cara beribadahnya sendiri, belum lagi semua siaran ibadah di Youtube. Siapa yang akan Anda percayai?

Paulus ingin kita tetap pada jalur. Paulus melanjutkan dengan mengatakan: “Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.” (Kolose 2:8)

Isu besar di Kolose adalah ajaran sesat yang dikenal sebagai Gnostisisme. Gnostisisme berasal dari kata Gnosis, yang berarti pengetahuan. Anda bisa Google, jika Anda suka. Saya tidak akan membahasnya di sini. Saya hanya ingin mengatakan bahwa Gnostisisme adalah sistem kepercayaan yang kompleks berdasarkan pengetahuan rahasia, hanya tersedia bagi beberapa orang. Bayangkan sebagai Da Vinci Code abad pertama – teori konspirasi terbalik – di mana hanya mereka yang tahu yang dapat menghubungkan petunjuk-petunjuk rahasia dan menemukan kebenaran.

Gnostisisme hanya satu dari banyak ajaran sesat yang dihadapi oleh jemaat Kolose. Beberapa ajaran spiritual, dan beberapa yang lain bersifat sekuler. Mereka semua memiliki satu kesamaan – mempengaruhi jemaat Kolose untuk mengikuti jalur yang berbeda dari jalur Yesus Kristus.

Humanisme Sekuler

Salah satu ajaran sesat terbesar zaman kita adalah Humanisme Sekuler. Humanis percaya bahwa kita memiliki semua yang kita butuhkan untuk bahagia dan sempurna. Kita hanya perlu berpikir positif dan mengembangkan potensi yang diberikan oleh Tuhan.

Akar Humanisme kembali ke Renaissance. Keluar dari zaman pertengahan yang gelap, Humanisme seperti angin segar, membangkitkan semangat manusia.

Humanisme zaman kita jauh lebih maju. Humanisme sekarang menyarankan bahwa kita memiliki kebaikan dan potensi dalam diri kita sehingga kita tidak perlu bergantung pada kekuatan yang lebih besar dari diri kita sendiri.

Ironisnya, Humanis ini dimulai dengan ayat Alkitab. Mereka menunjukkan bagaimana Tuhan menciptakan kita sesuai dengan gambar-Nya, melihat apa yang telah Dia ciptakan dan berkata, “…itu sangat baik.” (Kejadian 1:31)

Apa yang seorang Humanis tidak sebutkan adalah bahwa Kejadian melanjutkan untuk menjelaskan sifat berdosa kita dan bagaimana kita sering kali bersikap memberontak dan tidak mau tunduk pada otoritas Tuhan. (Kejadian 3)

Para Humanis adalah orang-orang idealis. Mereka percaya bahwa, jika diberi pilihan, kita akan memilih yang benar dan adil dan yang terbaik bagi semua pihak yang bersangkutan. Sejarah menggambarkan gambaran yang berbeda. Sepanjang sejarah, orang seperti kita terbukti egois dan rakus, licik dan jahat, memanfaatkan orang lain setiap kesempatan yang mereka dapatkan.

Berkat pengaruh Humanisme, sekarang kita hidup di zaman relativisme moral. “Jika terasa baik, lakukanlah.”  Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu, lakukan saja. “Anda berhak mendapatkannya.” Tidak masalah apa yang Tuhan inginkan, lakukan saja yang Anda suka.

Humanisme adalah kebenaran yang setengah-setengah. Kebenaran yang seperti itu adalah yang terburuk.

Surat Roma

Kita diciptakan sesuai gambar Allah  dan memiliki potensi kebaikan. Akan tetapi, pada saat yang sama, kita juga berdosa dan memiliki potensi kejahatan. Tidak ada yang tahu ini lebih baik daripada Paulus, yang mengatakan kepada jemaat di Roma.

Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat. … Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik. Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat. …

Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku. Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku. Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. (Roma 7:14-25)

Seorang Indian Cherokee tua pernah menceritakan kepada cucunya tentang pertarungan yang terjadi di dalam dirinya. Dia mengatakan itu antara dua serigala. Salah satunya jahat: Kemarahan, iri hati, keserakahan, kesombongan, kasihan diri, gosip, kebencian, dan kebanggaan palsu. Yang lain baik: Kebahagiaan, kedamaian, cinta, harapan, ketenangan, kerendahan hati, kebaikan, kebesaran, kebenaran, belas kasihan, dan iman. Cucunya memikirkannya sejenak lalu bertanya kepada kakeknya, ‘Serigala mana yang menurutmu akan menang?’ Orang tua itu menjawab, ‘Yang saya beri makan.'” (Two Wolves, Anonim)

Paulus ingin kita merayakan kekayaan Kristus dan kerajaannya. Dia mengingatkan jemaat Kolose bahwa kepenuhan Allah hanya dapat ditemukan melalui iman dalam Yesus Kristus. Tidak ada yang lain. Dia menulis, Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan, dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa. (Kolose 2:9-10)

Sunat dan Baptisan

Paulus mengakhiri bagian surat ini dengan berbicara tentang sunat dan baptisan. Inilah intinya: Sunat adalah tanda dan segel perjanjian bagi orang Yahudi. Itu berarti Anda menjadi bagian dari umat Allah dan bahwa Allah berada di pihak Anda. Baptisan menjadi tanda dan meterai perjanjian baru yang ditetapkan oleh Yesus Kristus. Baptisan bagi kita adalah seperti sunat bagi orang Yahudi.

Hanya saja baptisan lebih dari sekadar tanda, tetapi adalah gaya hidup. Paulus menulis, Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. (Roma 6:3-4)

Baptisan adalah sakramen hidup – bukan hanya sekadar dipercik atau dicelup pada suatu titik dalam hidup Anda, tetapi mati dan bangkit dengan Kristus setiap hari. Baptisan menempatkan Kristus sebagai yang utama, dan membuat Anda mengasihi sesama, untuk kemuliaan Allah.

Selain itu, baptisan juga adalah simbol Penebusan. Kristus mati untuk pengampunan dosa-dosa Anda sehingga Anda bebas mengikutinya dalam ketaatan dan kesetiaan.

Keputusan besar dalam hidup kadang-kadang membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Seperti yang dikatakan Lucy kepada Charlie Brown, “Dalam Buku Kehidupan, jawaban tidak ada di sampul belakang buku.”

Buatlah Keputusan!

Kapan sebaiknya tetap pada jalur? Kapan saatnya mengambil resiko dan menetapkan rute baru? Ini adalah keputusan yang memerlukan pertimbangan matang.  Oleh karena itu, dengarkan tiga nasehat berikut ini.

Pertama, cari kehendak Tuhan, dan bertindak dengan berani. Keraguan, kebimbangan, atau berdiri di tengah jalan hanya akan memperburuk masalah. Biarkan kata-kata Paulus kepada Timotius menginspirasi Anda: “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” (2 Timotius 1:7) Cari kehendak Tuhan, lalu bertindak dengan berani.

Setelah membuat keputusan, jangan melihat ke belakang. Dalam hidup, Anda jarang mendapat kesempatan kedua. Jadi, jangan melihat ke belakang; sebaliknya, majulah dengan teguh. Ingat apa yang dikatakan Yesus, “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.” (Lukas 9:62)

Yang terakhir, bertindak dengan berani, jangan melihat ke belakang, dan tetap pada jalur. Apakah Anda menetapkan arah baru atau tetap pada jalur yang sudah ada, tetaplah pada jalur tersebut sampai Tuhan memimpin Anda ke tempat yang Dia inginkan. Bersiaplah menghadapi sejumlah turbulensi, dalam arah apa pun yang Anda ambil.. Ingatlah kata-kata Yesus kepada murid-murid-Nya tentang hari-hari pencobaan dan penderitaan yang akan datang, “Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.” (Matius 24:13)

Kasih karunia Allah menolong Anda dan saya dalam perjalanan iman kita. Haleluya!

Saksikan di Youtube