Hujan Salju Pertama Terderas Dalam Sejarah

Hujan salju pertama yang terderas dalam sejarah terjadi di Seoul tahun ini! Hujan salju pada tanggal 24 November 2021 adalah yang paling deras dalam 40 tahun terakhir. Kantor Badan Meteorologi Korea mencatat bahwa Seoul mengalami hujan salju sederas 8,8 cm. Catatan ini mengalahkan rekor sebelumnya, 4,5 cm pada tahun 1990.

Hujan salju yang deras juga menutupi wilayah sekitar kota metropolitan Seoul. Badan Meteorologi Korea telah mengeluarkan peringatan cuaca dingin bagi warga Seoul, Gangwon, dan Gyeonggi. Tumpukan salju setebal 1,9 cm dilaporkan di Suwon, sebelah Selatan Seoul. Sementara salju setebal 1,2 cm terjadi di Incheon, di sebelah Barat.

Hujan salju pertama terderas ini dilanjutkan dengan cuaca dingin selama bulan Desember. Menjelang Natal, cuaca dingin yang ekstrem melanda sebagian Korea Selatan. Suhu turun serendah minus 25,4 derajat Celcius di beberapa wilayah.

Di Ibukota, suhu terendah tercatat mencapai minus 16 derajat Celcius. Ini adalah suhu terendah dalam 41 tahun terakhir. Suhu terendah serupa yang pernah dicatat adalah pada tanggal 29 Desember 1980.

Meskipun pandemi Covid-19 masih membatasi aktifitas warga di Korea Selatan, namun tidak salah bila tahun ini kita mengucapkan: “Selamat datang Natal putih (White Christmas) !”

Saksikan video musim dingin di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.