Yeouido Hangang park

Saya pertama kali mengunjungi Yeouido Hangang Park, taman yang terletak di pinggir sungai Han ini pada tahun 1998, yaitu pada kunjungan saya yang pertama kali ke Korea Selatan. Setelah 21 tahun berlalu, barulah saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke sana lagi. Kali ini seorang diri, di musim semi 2019.

Yeouido Hangang Park adalah taman yang paling populer di antara banyak taman yang dibangun di aliran sungai Han. Mungkin karena lokasinya yang dekat dengan pusat perkantoran dan mudah diakses dengan transportasi umum dari berbagai penjuru, baik Subway maupun Bus kota.

Masuk ke Taman ini tidak dipungut biaya sama sekali. Ketika datang pada musim panas tahun 1998, saya kaget karena begitu banyak pengunjung yang ada di sana. Mereka menikmati matahari musim panas Seoul yang baru terbenam selepas pukul 20.00.

Yeouido Hangang Park
Yeouido Hangang Park 1998

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di taman itu. Mulai dari duduk-duduk di bangku-bangku taman yang tersebar begitu banyak. Bisa melakukan jogging atau bersepeda menyusuri lintasan yang ada, bermain bola voli atau foot volleyball, dan bahkan di situ juga ada track untuk inline skating dan golf course!

Jika ingin menyusuri sungai Han, bisa mencoba Yeouido River Cruise. Naik dari dermaga Eland Cruise, ada berbagai macam cruise yang bisa dipilih. Mulai dari sekedar mengitari sungai Han di sekitar Yeouido sampai full board cruise dengan makan malam!

Ketika tahun 1998 saya terpesona dengan burung-burung camar yang ramai hinggap di pelataran dermaga, dan bahkan makan dari tangan kita. Tahun 2019 ini, saya tidak menemukan burung camar di dermaga, hanya pemuda-pemudi yang asyik bercengkerama dan pacaran.

Tidak terlalu asyik datang ke taman ini sendirian. Setelah berfoto di depan sign “I SEOUL U”, dan mencoba lagi menaiki cruise mengelilingi sungai, saya pun pulang. Lumayan, ada live music on board, walaupun hanya sedkit penumpangnya. Setidaknya saya sudah kembali ke Yeouido Hangang Park. Ah.

Nonton videonya di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *