Kota Suci Umat Hindu

Varanasi

Kota Suci umat Hindu itu bernama Varanasi. Varanasi, disebut juga Benares, Banaras, atau Benaras, atau Kashi atau Kasi. Kota ini terletak di tepi sungai Gangga yang terletak di negara bagian Uttar Pradesh di India bagian utara. Varanasi, bagi umat Hindu, adalah seperti Mekkah bagi umat Muslim atau Vatikan bagi umat Katolik.

Menyusuri jalan-jalan di kota ini, kita akan bertemu dengan begitu banyak sapi yang berkeliaran. Sapi adalah hewan yang dianggap suci oleh umat Hindu. Oleh karena itu, hewan ini mendapat tempat yang istimewa di Varanasi.

Suasana jalanan kota Varanasi tidak jauh beda dengan Delhi, dan kota-kota di India lainnya. Bunyi suara klakson kendaraan tidak henti-henti terdengar. Disiplin berlalu-lintas para pengendara di sini juga membuat kita harus ekstra hati-hati.

Sudah dua kali saya mengunjungi kota suci ini. Daya tarik utama Varanasi adalah sungai Gangga. Sungai suci bagi umat Hindu. Kita bisa menyewa perahu dan menyusuri sungai suci ini. Akan tetapi, ketika di Varanasi jangan lupa mencoba Lassy, minuman semacam yoghurt yang disajikan dalam cangkir tanah liat sekali pakai. Selesai minum, silakan dibanting cangkirnya.

Jangan lewatkan juga berbelanja di pusat cindera mata di Varanasi. Para pedagangnya berebut menawarkan berbagai macam cindera mata. Ajaib bagi saya karena mereka bisa berbicara dengan fasih bahasa Korea! Mendengar saya berbicara dengan isteri saya, mereka menyapa saya dalam bahasa Korea.

Varanasi, kota suci umat Hindu ini bagi sebagian orang akan terkesan jorok. Ada banyak kotoran sapi yang bertebaran. Juga kawanan anjing liar. Apalagi perilaku penduduknya yang juga tidak bisa dikatakan bersih. Akan tetapi tidak akan menyesal berkunjung dan menginap beberapa hari di sini.

Lihat videonya di sini

Buku-buku Inspiratif
HOPE FOR THE FLOWERS
– THE GIVING TREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *