Transportasi Umum di Korea Selatan

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan sistem transportasi umum yang terbaik di dunia. Transportasi umum di seluruh negeri ini terintegrasi dalam satu sistem. Subway dan bus kota di sana terpadu dengan baik sehingga memberi kenyamanan dan kepastian bagi pengguna transportasi.

Untuk menggunakan transportasi umum di Korea Selatan kita harus membeli traffic card. Kartu pintar ini bisa dibeli di vending machine di stasiun maupun di convenience stores seperti 7-Eleven atau CU. Satu kartu bisa dipakai untuk semua moda di seluruh negeri.

Saya membeli traffic card pertama kali pada kunjungan akhir tahun 2011. Dalam kunjungan sebelumnya (1998 dan 2000), belum ada sistem terpadu ini. Traffic card tersebut masih ada sampai sekarang di dompet saya.

Biaya transportasi umum pun termasuk relatif murah. Sistem penarifannya juga sangat nyaman. Jika saya mau pergi dari satu tempat ke tempat lain, tarif yang dikenakan adalah pada saat saya naik pertama kali sampai saya turun di tujuan. Ketika saya berganti line subway ataupun moda bus, jika masih dalam satu perjalanan, saya tidak harus membayar tarif yang baru.

Tarif yang Terintegrasi

Contoh, saya tinggal di Yeonhui-dong dan saya ingin menemui teman saya di Kyobo Bookstore di Gwanghwamun, pusat kota Seoul. Dari apartemen saya, saya harus naik bus kota no 211 ke stasiun subway di Hongik University (Hongdae), lalu berganti Subway line 2 menuju stasiun City Hall. Saya tidak perlu membayar tarif baru ketika saya berpindah dari bus ke subway, tetapi tarif yang saya harus bayar dilanjutkan dari titik perjalanan saya yang pertama.

Semua informasi mengenai transportasi umum bisa diakses lewat aplikasi android (Naver atau Kakao). Dari pilihan nomor bus atau line subway yang harus dinaiki, waktu perjalanan, waktu menunggu atau jarak yang ditempuh antar transit, tersedia secara real time. Di halte bus maupun di stasiun subway, informasi tentang rute dan jalur terpampang dengan sangat jelas. Di atas subway, di setiap perhentian ada notifikasi otomatis dalam bahasa Korea dan bahasa Inggris.

Bukan hanya nyaman, transportasi umum di Korea Selatan pun terkenal aman. Jika merasa tersesat, cek saja di aplikasi, atau bertanya. Belakangan ini semakin banyak orang Korea yang bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Orang asing yang penakut seperti saya pun, jadinya bisa berkeliaran tanpa takut nyasar atau terlantar. Mau mencoba?

Tonton videonya di sini ya..

Yuk naik subway

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *